Sejarah Teknologi dan Aplikasi Perkantoran

Konten / Daftar Isi [Klik Utk Tampilkan]


Ilustrasi Mesin Tik
Ilustrasi Mesin Tik (Gambar: Foto oleh Kenny Eliason pada Unsplash)

Blaves - Hallo Blavestie! Kalian semua pasti pernah membuat tulisan menggunakan Microsoft Word kan? Atau kalian pernah juga membuat presentasi menggunakan Microsoft Powerpoint? Kami yakin pasti pernah ya Blavestie, aplikasi-aplikasi perkantoran yang diciptakan saat ini tentu saja sangat membantu aktivitas kita sehari-hari bukanBaik itu dalam aktivitas pembelajaran, perkantoran, dan bahkan dalam proses perdagangan. Tapi tahukah kalian bagaimana sih sejarah terciptanya aplikasi-aplikasi ini? Lalu bagaimana orang-orang di masa lampau dapat menemukan aplikasi semacam ini? Mari kita sama-sama pelajari pada postingan berikut ini.


Sejarah Awal Aplikasi Perkantoran

Jauh sebelum aplikasi yang kita pergunakan saat ini sekitar awal tahun 1980 muncul aplikasi perkantoran pertama yang bernama Starburst. Aplikasi ini dikembangkan oleh MicroPro International yang terdiri dari Wordstar untuk pengolah kata, SpellStar untuk memeriksa kesalahan pada ejaan kata, MailMerge program untuk menggabungkan surat secara masal, CalcStar sejenis spreadsheet saat ini, dan DataStar sejenis database

Tampilan Aplikasi Wordstar (Gambar: Youtube/TigerClawTV)

Wordstar adalah aplikasi untuk pengolah kata seperti Microsoft Word yang saat ini populer digunakan. Wordstar menjadi sangat populer di awal tahun 80-an karena fiturnya yang terbilang cukup lengkap pada saat itu. Meski tampilannya masih sangat sederhana layaknya DOS, tetapi Wordstar sudah memiliki fitur-fitur bermanfaat kala itu, seperti penomoran halaman, garis halaman, tanda hubung, dan pengeditan teks.

Selain Wordstar terdapat juga aplikasi penunjang (add-on) lainnya seperti SpellStar yang berfungsi untuk memeriksa kesalahan ejaan serta MailMerge yang dipergunakan untuk membuat surat secara masal dalam satu waktu. 

Calcstar
Aplikasi CalcStar (Gambar: WinWorld)

Starburst kala itu juga sudah dibekali dengan CalcStar atau aplikasi sejenis spreadsheet saat ini. Meski sangat sederhana, CalcStar sudah memiliki fitur pemformatan teks dalam sebuah sel atau mirip seperti Microsoft Excel saat ini. 

Setelah muncul Starburst pada rentang tahun 1980-an juga selanjutnya mulai bermunculan juga beberapa aplikasi serupa seperti Word Perfect, ChiWriter, dan lain sebagainya. Walaupun aplikasi-aplikasi pada era ini masih terbilang sangat sederhana, tetapi aplikasi-aplikasi ini kelak yang menjadi inspirasi bagi aplikasi perkantoran modern saat ini atau bahkan hingga nanti di masa depan.


Perkembangan Teknologi Pengolah Kata

Perkembangan teknologi pengolah kata juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi serta industri. Semakin berkembangnya peradaban manusia maka tuntutan akan kecepatan dalam penyelesaian suatu pekerjaan semakin meningkat. Hal itu pula yang menyebabkan teknologi pengolah kata berkembang secara pesat, dari yang semula yang ditulis tangan secara manual di atas selanjutnya berkembang dengan menggunakan mekanik, elektronik, hingga saat ini menggunakan komputerisasi.


1. Pengolah Kata Mekanik

Sejarah perkembangan teknologi pengolah kata dimulai dari perubahan proses yang semula manual menggunakan tulisan tangan menjadi otomatis dengan menggunakan mekanik. Salah satu bentuk teknologi pengolah kata mekanik yang pertama ditemukan adalah mesin tik. Penemuan mesin tik ini diawali pada tahun 1714 oleh Henry Mill yang menciptakan alat menyerupai mesin tik modern. Sejak saat itu alat menyerupai mesin tik ini terus berkembang dan mengalami perubahan, ditambah lagi terdapat penemuan-penemuan lain yang mendukung dunia pengolahan kata seperti kertas karbon misalnya.

Mesin Tik Sholes dan Glidden
Mesin tik buatan Sholes dan Glidden (Gambar: Type-Writer.org)

Hingga akhirnya pada sekitar tahun 1867 mesin tik pertama kali yang sukses secara komersial diciptakan oleh C. Lathan Sholes, Carlos Glidden, dan Samuel W. Soule yang kemudian memperoleh hak paten. Mesin tik yang ditemukan saat itu masihlah sangat sederhana dan masih banyak yang harus disempurnakan, misal seperti hasil ketikan tidak dapat terlihat langsung atau tuts tidak kembali ke posisi semula setelah ditekan. 
Mesin Tik
Mesin tik (Gambar: Thinkstock)

Sejak saat itu mesin tik terus mengalami perkembangan dan perubahan menjadi seperti yang kita kenal saat ini. Meskipun saat ini sudah ditemukan teknologi pengolah kata yang modern, ternyata mesin tik masih dipergunakan oleh beberapa kalangan, baik untuk sekedar barang koleksi atau dipergunakan di instansi untuk beberapa keperluan khusus seperti penomoran dokumen.  


2. Pengolah Kata Elektronik

Setelah era penggunaan mesin tik, selanjutnya muncul inovasi teknologi pengolahan kata berupa mesin tik elektrik. Mesin tik elektrik pertama diproduksi oleh Blickensderfer Manufacturing Company namun tidak terlalu sukses dari segi komersial karena belum ada standarisasi daya listrik pada mesinnya. 

Hingga pada tahun 1961 IBM memperkenalkan produk "IBM Selectric" yaitu mesin tik elektrik pertama dengan fitur perekaman dan pemutaran pita kaset magnetik. Fitur ini memungkinkan penulisan ulang teks yang telah ditulis di kaset bahkan bisa dikirimkan ke orang lain untuk disalin. Selain itu IBM Selectric juga mengubah bentuk typebar pada mesin tik biasanya menjadi typeball yang dapat menghasilkan kualitas ketikan lebih baik. 

Mesin Tik Elektronik IBM Selectrics (Gambar: IBM pada Youtube/tvdays)

Sejak saat itu inovasi terhadap teknologi mesin tik elektrik terus berkembang dan mulai ditemukannya beberapa penemuan-penemuan baru, seperti penemuan Correcting Selectrics ciptaan IBM yang memungkinkan untuk menghapus huruf yang salah ketik atau penemuan pita karbon yang digunakan dalam proses pengetikan. 

Hasil ketikan yang semula tidak bisa dihapus tanpa bantuan tipp-ex kini bisa dihapus melalui fitur Correcting Selectrics. Fitur ini memanfaatkan selotip yang berada di depan pita karbon sehingga dapat menghapus bubuk hitam hasil ketikan yang baru diketik. 

Sampai pada awal 1970-an, pengolah kata elektrik ini kemudian berkembang menjadi berbasis komputer, dan mulai bermunculan sistem pengolahan kata dengan pengeditan sederhana menggunakan tampilan layar CRT (sejenis tabung vakum kaca pada TV jenis tabung).


3. Pengolah Kata Berupa Perangkat Lunak

Seiring berkembangnya pengolah kata berbasis komputer dan mulai ditemukannya komputer pribadi (PC) pada sekitar tahun 1970, maka berkembang pula sistem pengolah kata dalam bentuk perangkat lunak (Software). Sampai pada sekitar tahun 1980-an MicroPro International berhasil menciptakan aplikasi pengolah kata pertama di dunia dan diberi nama Starburst dan mulai bermunculan aplikasi lain setelahnya.

Aplikasi-aplikasi pengolah kata dalam bentuk perangkat lunak ini selanjutnya menjadi kian digemari oleh publik saat itu karena harganya yang relatif lebih murah dibanding mesin tik dan fiturnya yang jauh lebih lengkap serta dapat dengan mudah diakses. 

Pada awal penciptaanya, aplikasi pengolah kata ini masihlah sangat sederhana dan belum ada graphical user interface yang seperti saat ini kita pergunakan. Selain itu aplikasi pada era ini mengharuskan penggunanya mengingat kombinasi tombol semi-mnemonik seperti Ctrl+C, Ctrl+P, dan lain sebagainya untuk menjalankan fungsi tertentu.

Xerox Alto
Graphical User Interface atau "Desktop" Pertama Pada Xerox Alto II (Gambar: Xerox Alto)

Tonggak perkembangan selanjutnya adalah pada saat1980-an mulai ditemukannya pendekatan user interface untuk pengolah kata atau yang dikenal dengan istilah WYSIWYG (What You See Is What You Get) atau Graphical User Interface (GUI) seperti yang saat ini kita pergunakan. Belum lagi ditemukannya inovasi printer laser yang membuat teknologi komputer semakin berkembang pesat.

Microsoft Word First Edition
Aplikasi Microsoft Word Edisi Pertama (Gambar: Youtube/creativenights)

Puncak dari perkembangan sistem pengolah kata adalah saat Microsoft berhasil mengembangkan sistem operasi Windows dan mengembangkan sistem pengolah kata Microsoft Word atau Microsoft Office pada tahun 1990-an. Microsoft kala itu berhasil membuat produk yang lebih stabil dan terpadu dalam satu program saja. Produk buatan Windows ini dinilai lebih praktis digunakan karena sudah dalam satu sistem operasi, tidak seperti aplikasi lain yang harus membuka atau menutup aplikasi lain dalam pengoperasiannya. Berkat terobosannya, aplikasi pengolah kata buatan Microsoft ini menjadi sangat diminati dan bahkan dapat mendominasi pasar hingga saat ini.

Nah seperti itulah sejarah singkat perkembangan teknologi dan aplikasi perkantoran yang selama ini kita pergunakan. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua ya Blavestie, sampai berjumpa kembali pada artikel lainnya.


Referensi Tulisan


  • Maresha Caroline Wijanto, dkk. (2021). Informatika. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Artikel Terkait

Posting Komentar

0 Komentar