Acer Switch Alpha 12 - Keajaiban Teknologi Untuk Switch Dari Mahasiswa Ke Hobi

Konten / Daftar Isi [Klik Utk Tampilkan]


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia saat ini melaju sangat kencang tak terbendung. Gaya hidup modern, perkembangan keilmuan, serta persaingan menjadi segelintir alasan mengapa manusia selalu berinovasi mengembangkan sebuah gagasan terbaru, tak terkecuali di bidang teknologi.
Akibatnya teknologi seperti komputer, laptop, smartphone, dan gadget-gadget lain semakin beragam jenis dan produknya bahkan bisa didapat dengan harga yang relatif murah. Berbeda dengan beberapa tahun kebelakang yang notabene alat-alat tersebut adalah benda yang termasuk kebutuhan tersier.


Ternyata Teknologi Bisa Bermanfaat

Jika dapat menyikapinya dengan baik, ternyata derasnya kemunculan teknologi-teknologi canggih ini bisa juga mendatangkan manfaat. Teknologi-teknologi ini bisa digunakan untuk membantu kita dalam berbagai macam urusan. Kita ambil contoh misal untuk bidang pendidikan, hadirnya teknologi ini dapat membantu para pelajar di negeri ini agar bisa dengan mudah mempelajari banyak hal tanpa terhalang oleh jarak dan berbagai keterbatasan.

Pemerintah khususnya mendikbud juga sadar betul akan hal tersebut, pesatnya perkembangan teknologi ini dapat menyebabkan digitalisasi di bidang pendidikan. Oleh karenanya, bersama dengan kementrian kominfo kemendikbud sangat mendukung program literasi digital bagi seluruh masyarakat agar mereka bisa memanfaatkan kehadiran teknologi-teknologi untuk hal positif.


Selain itu, dengan hadirnya beragam teknologi, kini pola pendidikan di Indonesia sedikit mengalami perubahan dalam beberapa tahun terakhir, dari yang awalnya konvensional menjadi lebih digital. Mulai dari urusan pelajaran, perpustakaan, bahkan ujian nasional sekarang tak terlepas dari yang namanya teknologi.


Cerita Saya Sebagai Mahasiswa

Akibat dari perkembangan digital di sektor pendidikan, kini hidup sebagai pelajar atau mahasiswa harus paham betul dengan teknologi dan segala bentuk perkembangannya. Hal ini juga yang saya alami selama menjadi mahasiswa, teknologi menjadi suatu kebutuhan dan hal yang penting untuk menunjang aktivitas serta perkuliahan saya. Karena berbagai urusan perkuliahan saya seperti tugas, komunikasi, materi kuliah, dan presentasi sangat membutuhkan bantuan perangkat teknologi.

Kebetulan saya berkuliah di salah satu universitas negeri di daerah Jatinangor yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal saya yang berada di Bandung.


Menurut Google, jarak yang harus saya tempuh setiap harinya kurang lebih sejauh 20,9 Km dengan waktu tempuh sekitar 59 menit, cukup jauh bukan? Mengingat saya sangat membutuhkan teknologi untuk perkuliahan, jadi saya selalu membawa laptop bersama saya karena praktis dan mudah untuk di bawa kemana-mana.



Meski berkuliah di tempat yang jauh, tetapi saya selalu bolak-balik pulang pergi dari rumah. Namun terkadang padatnya agenda perkuliahan dan acara di kampus memaksa saya tak bisa pulang ke rumah lebih awal, sehingga saya harus menebeng di kosan teman untuk sekedar menepi atau menginap.

Berada jauh dari rumah di tengah kesibukan sebagai mahasiswa, seringkali saya pun merasa jenuh dan bosan. Oleh karenanya saya juga membekali diri saya dengan beberapa gadget seperti laptop, handphone, dan mp3 player agar tak bosan ketika berada di kosan, kampus, atau di perjalanan


Terlepas dari kesibukan saya sebagai seorang mahasiswa, saya juga menggemari beberapa hobi seperti futsal, bermain game, menulis di blog, coding, atau iseng-iseng membuat sebuah desain (web, baju, atau gambar) untuk melepas penat. Jika ingin melihat beberapa hasil desain saya, kamu bisa kunjungi dengan klik menu Portfolio pada menubar.

Saya Sedang Mendesain Jersey Futsal di Komputer Rumah

Berkuliah sambil menjalankan hobi membutuhkan manajemen waktu yang baik tentunya, sehingga saya harus pandai-pandai membagi waktu antara perkuliahan dan hobi. Untungnya saya selalu membawa laptop, karena dapat membantu saya switch dari kuliah ke hobi dengan mudah. Jadi saya tetap bisa menyalurkan hobi, meski harus berada jauh dari rumah dan berkeliaran di kampus.

Dengan adanya laptop saya jadi bisa melakukan dua hal bersamaan, mengerjakan tugas sebagai mahasiswa atau menjalankan hobi saya. Membuat saya tetap bisa coding, atau membuat desain di sela-sela aktivitas sebagai mahasiswa.

Alhamdulillah-nya lagi ternyata hobi saya ini juga bisa mendatangkan manfaat, beberapa kali hasil desain baju atau logo buatan saya pernah digunakan tim futsal kampus untuk kejuaraan futsal ataupun digunakan untuk kepentingan agenda perkuliahan.

Saya (Nomor Punggung 10) Bersama Rekan Tim Saat Bertanding Futsal

Berikut ini salah satu desain vector baju buatan saya yang digunakan dalam kegiatan resmi kampus yaitu Kuliah Kerja Nyata di Desa Jembarwangi, Kabupaten Sumedang.

Saya (Orang Ke-8 Dari Kiri di Barisan Terdepan) Bersama Rekan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mengenakan Baju Hasil Desain Saya Sendiri


Ingin Upgrade Laptop

Meski laptop saya sekarang belum rusak, tetapi saya berkeinginan untuk upgrade laptop saya menjadi ber-spek tinggi, agar tidak seperti laptop saya sekarang yang agak lemot ketika render desain dan coding.

Sambil menunggu tabungan saya cukup membeli laptop yang baru, saya mencoba mencari-cari terlebih dahulu jenis laptop mana yang sekiranya cocok untuk saya. Beberapa laptop menarik minat saya dan salah satunya merupakan produk baru dari Acer, yakni Switch Alpha 12. Sebuah laptop (notebook hybrid lebih tepatnya) yang dirasa cocok bagi seorang dengan aktivitas dan hobi seperti saya.

Setelah cari-cari info dan membaca artikel Switch Alpha 12, Notebook Dengan Performa Tinggi Tanpa Kipas di AcerID, saya jadi semakin ngebet ingin punya produk yang satu ini.


Source Gambar : Acer

Di tahun ini, masyarakat dunia diperkenalkan dengan Acer Swicth Alpha 12, salah satu keajaiban teknologi di tahun ini menurut saya. Meski terdengar berlebihan, tetapi memang seperti itu adanya, karena teknologi yang diusung oleh Acer pada produk ini saya rasa memang unik dan inovatif.

Sesuai dengan tagline yang Acer berikan pada produk ini yaitu the most powerful fanless notebook 2-in-1, sudah pasti notebook  Acer ini memiliki spek yang luar biasa dan cocok sekali untuk saya.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya Acer memang kerap kali membuat inovasi pada produk terbaru mereka, setelah sebelumnya mungkin kita sudah lebih dulu mengenal beberapa produk-produk terkenal Acer lainnya seperti Acer Predator, Aspire, dan Chromebook misalnya.



Saya pun coba browsing sana dan sini mencari informasi lebih dalam mengenai Switch Alpha 12 ini, dan hasilnya akan coba saya bagikan melalui tulisan ini.

Berikut ini sedikit review dan informasi dari Switch Alpha 12, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita.



Source Gambar : Acer

Switch Alpha 12 merupakan jenis notebook hybrid atau notebook 2-in-1, artinya produk ini fungsi ganda yaitu bisa digunakan sebagai laptop/notebook atau menjadi tablet, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Switch Alpha 12 jadi bisa memiliki dua fungsi karena notebook ini didukung oleh keyboard docking dan engsel dudukan (Kickstand) yang menyebabkan Switch Alpha bisa diberdirikan layaknya laptop atau di pegang seperti tablet.

Jadi untuk mengubah Switch Alpha dari mode notebook menjadi tablet kita tinggal melepas keyboard docking dari layarnya. Keyboard docking pada Switch Alpha ini menggunakan grip magnet jadi mudah untuk dilepas atau dipasang kembali ke layar.



Source Gambar : Acer

Switch Alpha 12 ini didesain ramping serta portable, mudah untuk dibawa kemana-mana sehingga cocok untuk orang dengan pekerjaan atau hobi yang tak bisa lepas dari teknologi.

Meski didesain ramping, tapi performa Switch Alpha 12 tetap bisa mendukung pekerjaan dan hobi kita secara maksimal, karena dilengkapi juga dengan beberapa periferal canggih seperti port USB 3.1, serta Acer Active Pen.

Berikut ini tampak luar dari Acer Switch Alpha 12.





Selain mengedepankan tampilan desain, Acer Switch Alpha 12 juga sangat memperhatikan kualitas dari segi User Experience (Penggunaan oleh pengguna). Oleh karenanya notebook hybrid ini juga didesain dengan menyesuaikan kondisi pengguna saat menggunakan Switch Alpha, contohnya karet pada engsel dudukan dibuat anti-slip jadi tak akan jatuh meski diberdirikan di permukaan licin.





Selain itu Switch Alpha 12 ini juga memiliki bentuk yang cukup ramping. Disadur dari AcerID , Switch alpha hanya memiliki ukuran panjang sebesar 29,21 cm, lebar sebesar 20,14 cm, dan tinggi 1,59 cm saja. Switch Alpha juga memiliki bobot yang lumayan ringan yakni 1,25 kg. Jadi dapat mengurangi beban dan ruang barang bawaan kita saat menjalankan aktivitas.



Source Gambar : Acer

Performa dari Switch Alpha 12 ini tak perlu diragukan lagi, bahkan salah satu yang terbaik di kelasnya, karena Switch Alpha 12 dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi.





Untuk lihat semua model yang tersedia bagi produk Switch Alpha 12 ini, kamu bisa klik link berikut Model Switch Alpha.

Spek-nya yang bagus ini akan sangat membantu sekali tentunya dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas kamu karena tak akan lemot ketika dioperasikan. Main game, desain baju, coding, apapun bisa dilakukan Switch Alpha 12 karena memiliki teknologi yang terdepan.

Luar biasanya lagi laptop ini juga memiliki keunggulan yang belum tentu dimiliki produk lain yang serupa. Apa saja? Berikut ini beberapa kelebihan dari produk Switch Alpha 12.


Teknologi Acer Liquid Loop


Source Gambar : Acer

Teknologi LiquidLoop inilah yang merupakan sebuah keajaiban dari teknologi. Dengan adanya teknologi Acer LiquidLoop Switch Alpha tak membutuhkan sebuah kipas pendingin untuk mengurangi panas dari mesin.

Hasilnya, Switch Alpha tak memiliki lubang pembuangan hawa panas, jadi tak ada debu yang bisa masuk ke dalam mesin. Sehingga kita tak perlu repot-repot membersihkan mesin dan Switch Alpha pun awet lebih lama.

Selain itu, dengan tidak adanya kipas pendingin, Switch Alpha tak akan menimbulkan bunyi bising dan panas ketika laptop kita pangku atau pegang. Switch Alpha juga bisa digunakan berlama-lama karena teknologi LiquidLoop ini lebih menghemat baterai dibanding dengan kipas.


Resolusi Tinggi Serta Anti Radiasi


Source Gambar : Acer

Switch Alpha 12 dilengkapi dengan resolusi yang tinggi yakni QHD (2160 x 1440) sehingga kualitas tampilan gambar atau video yang dihasilkan sangat baik. Selain itu Switch Alpha 12 juga sudah dilengkapi teknologi IPS (In-Plane Switching) jadi layar tetap bisa dilihat dengan jelas dari segala sudut pandang.

Selain menghasilkan gambar dan display yang sangat baik, kita juga tak perlu khawatir dengan mata kita saat berlama-lama di depan layar Switch Alpha 12 karena sudah dilengkapi teknologi Bluelight Shield. Dengan adanya teknologi Bluelight Shield ini kita bisa mengatur cahaya biru yang dihasilkan oleh layar laptop. Dengan begitu kita bisa mengurangi cahaya biru yang diterima mata, sehingga mata kita tak cepat lelah saat memandangi layar lama-lama.


Mendukung USB 3.1 Tipe C


Source Gambar : Acer

Karena Switch Alpha 12 sudah mendukung USB 3.1 Tipe C maka transfer data dapat dilakukan dengan cepat. Keuntungan lainnya dari USB tipe ini ialah port-nya yang bersifat bolak-balik, USB 3.1 Tipe C juga mampu mentransfer data hingga 5 Gbps seperti yang dilansir oleh AcerID.

Source Gambar : Acer

Selain itu dengan adanya USB Tipe C plus dibantu dukungan Acer WiGig Dock, kini kita mengubah Switch Alpha kita menjadi layaknya sebuah PC. Melalui WiGig Dock yang dibeli secara terpisah, kita dapat menghubungkan Switch Alpha milik kita dengan device-device lain tanpa memerlukan kabel. Misalnya kita ingin menghubungkan Switch Alpha kita dengan layar 4K, Keyboard, HeadsetSmartphone, dan lain-lain.



Acer Active Pen

Source Gambar : Acer

Semakin lengkap karena Acer Switch Alpha 12 dilengkapi juga dengan Acer Active Pen. Yaitu sebuah pena digital yang membantu kita saat membutuhkan tangan dalam berkreasi atau menulis. Active Pen ini cocok untuk kamu yang bekerja di bidang desain, karena dapat membantumu dalam membuat sebuah desain. Selain untuk menulis atau menggambar, Active Pen juga berfungsi untuk menebalkan sebuah garis saat membuat sketsa, dan juga berfungsi untuk menjalankan beberapa fitur bawaan Windows.



Switch Alpha 12, sebuah kejaiban teknologi masa kini dan merupakan salah satu notebook hybrid dengan performa dan spesifikasi terbaik di kelasnya. Dengan adanya fitur 2-in-1, kini kita tak perlu repot-repot membawa latop dan tablet karena kita sudah bisa mendapatkan fungsi keduanya hanya dengan satu produk Switch Alpha 12.

Switch Alpha 12 cocok sekali untuk mahasiswa yang berkuliah di tempat jauh dan harus bolak-balik dari rumah ke kampus seperti saya. Jadi tetap bisa switch dari pekerjaan ke hobi dengan adanya Switch Alpha 12 dan kecanggihan teknologinya.

Tag: Acer Switchable Me, Acer Indonesia, Acer Switch Alpha 12

Artikel Terkait

Posting Komentar

0 Komentar