Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan

Konten / Daftar Isi [Klik Utk Tampilkan]

Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan

Blaves - Hallo Blavestie! Bertemu kembali di seri matematika untuk sekolah dasar. Pada postingan kali ini kita masih akan mempelajari seputar bilangan pecahan. Setelah sebelumnya kita telah mengenal bilangan pecahan dan jenis-jenisnya, sekarang kita akan mencoba mempelajari operasi hitung pada bilangan pecahan. Bagi kalian yang ingin mempelajari materi matematika lainnya kalian dapat membacanya dengan klik di tautan ini.



1. Penjumlahan dan Pengurangan Pada Bentuk Pecahan Biasa

Karena operasi penjumlahan atau pengurangan pecahan biasa memerlukan pemahaman KPK, maka sebelum lebih jauh mempelajari penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan biasa ada baiknya agar kalian mempelajari KPK (kelipatan persekutuan terkecil) terlebih dahulu. Bagi yang ingin membacanya kalian dapat klik pada Rumus Mencari KPK dan FPB, atau dapat klik disini.

Penjumlahan dan pengurangan pada bentuk pecahan biasa dapat dilakukan apabila masing-masing penyebut telah memiliki nilai yang sama. Misal akan dicari penjumlahan dari dua pecahan maka penyebut haruslah sama agar selanjutnya pembilang dapat dijumlahkan atau dikurangkan. Apabila salah satu penyebut berbeda maka harus disamakan terlebih dahulu dengan mencari KPK dari kedua penyebut tersebut.

Agar lebih memahami konsep penjumlahan dan pengurangan pada bentuk pecahan biasa mari kita simak contoh berikut ini.

Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa


2. Penjumlahan dan Pengurangan Pada Bentuk Pecahan Campuran

Penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan bentuk pecahan campuran dapat dilakukan dengan dua cara, petama terlebih dahulu mengubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa atau menggunakan operasi penjumlahan dan pengurangan secara langsung. 

Cara pertama yaitu dengan mengubah pecan campuran menjadi pecahan biasa, lalu operasi penjumlahan dan pengurangan dapat dilakukan menggunakan kaidah penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan biasa sebagaimana pada nomor 1 di atas. Bagi kalian yang belum paham cara mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kalian dapat membacanya pada adakdakak atau klik disini. 

Cara kedua adalah dengan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan secara langsung dengan memisahkan operasi hitung pada bilangan bulat dan pecahan biasa.

Selanjutnya agar lebih memahami konsep penjumlahan dan pengurangan pada bentuk pecahan campuran sebagaimana penjelasan di atas mari kita simak contoh berikut ini.

Penjumlahan dan Pengurangan Pada Bentuk Pecahan Campuran


3. Penjumlahan dan Pengurangan Pada Bentuk Pecahan Desimal

Setelah mempelajari penjumlahan dan pengurangan pada bentuk pecahan biasa dan campuran, selanjutnya kita akan mempelajari penjumlahan dan pengurangan pada bentuk pecahan desimal. Penjumlahan dan pengurangan pada bentuk pecahan desimal dapat dilakukan dengan cara menyusun secara vertikal berdasarkan letak koma pada pecahannya, lalu setelah itu pecahan dapat dijumlahkan atau dikurangkan menggunakan kaidah penjumlahan dan pengurangan seperti biasa.

Untuk lebih memahaminya kalian bisa menyimak contoh perhitungannya sebagaimana pada gambar berikut ini.

Penjumlahan dan Pengurangan Pada Bentuk Pecahan Desimal


4. Perkalian dan Pembagian Pada Bentuk Pecahan Biasa

Selain penjumlahan dan pengurangan, terdapat juga operasi hitung perkalian dan pembagian pada pecahan. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam perkalian pecahan yaitu dengan langsung menghitung perkalian antara pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut dari pecahan-pecahan tersebut.

Sedangkan untuk pembagian pecahan, perhitungan dapat diperoleh setelah pembagian pecahan diubah terlebih dahulu menjadi perkalian dengan mengubah posisi pembilang dan penyebut. Setelah mengubah operasi pembagian menjadi perkalian barulah hasilnya dapat dihitung menggunakan kaidah perkalian pecahan sebagaimana pada penjelasan di atas.

Agar lebih memahami konsep perkalian dan pembagian pada pecahan biasa, silahkan kalian simak contoh pada gambar berikut ini.

Perkalian dan Pembagian Pada Bentuk Pecahan Biasa


5. Perkalian dan Pembagian Pada Bentuk Pecahan Campuran

Operasi perkalian dan pembagian pada bentuk pecahan campuran dapat diperoleh dengan cara mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk biasa terlebih dahulu. Setelah diubah menjadi pecahan biasa selanjutnya perhitungan perkalian dan pembagian dilakukan dengan cara yang sama pada kaidah perkalian dan pembagian pecahan biasa sebagaimana pada nomor 4 di atas.

Untuk lebih memahami operasi perkalian dan pembagian pada bentuk pecahan campuran, silahkan kalian simak contoh pada gambar berikut ini.

Perkalian dan Pembagian Pada Bentuk Pecahan Campuran


6. Perkalian dan Pembagian Pada Bentuk Pecahan Desimal

Perkalian dan pembagian pada bentuk pecahan desimal dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama hasil perkalian dan pembagian diperoleh dengan cara melakukan operasi terhadap kedua pecahan secara langsung, sedangkan cara yang kedua adalah dengan mengubah terlebih dahulu pecahan desimal menjadi pecahan biasa lalu perkalian dan pembagian dihitung menggunakan kaidah pecahan biasa. 

Untuk lebih memahami perkalian dan pembagian pada bentuk pecahan desimal silahkan kalian simak penjelasan gambar di bawah ini.

Perkalian Pada Bentuk Pecahan Desimal

Pembagian Pada Bentuk Pecahan Desimal

Kurang lebih seperti itulah operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dari bilangan pecahan. Agar lebih memahaminya ada baiknya kalian terus melakukan latihan terhadap soal-soal lain ya Blavestie.

Sekian materi opearsi hitung pada bilangan pecahan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan seri Matematika untuk Sekolah Dasar yang lainnya ya Blavestie.

Artikel Terkait

Posting Komentar

0 Komentar